links
-
-
Sistem Cluster Untuk Ibukota Negara Indonesia11 tahun yang lalu
-
Menstabilkan Sinyal Pada Modem13 tahun yang lalu
-
-
harapku14 tahun yang lalu
-
PARTNERS’ LINK 214 tahun yang lalu
-
-
-
-
ABDUL RAUF'S BLOG
adalah portal pribadi disamping sebagai wadah ekspresi diri untuk sekedar menuangkan ide, gagasan maupun gambar-gambar koleksi. Pun dirasakan menjadi inspirasi bagi para pengunjung itu arah yang diharapkan agar nanti keberartian saling "berbagi" dapat berbuah baik...
Your's
a_rauf
adalah portal pribadi disamping sebagai wadah ekspresi diri untuk sekedar menuangkan ide, gagasan maupun gambar-gambar koleksi. Pun dirasakan menjadi inspirasi bagi para pengunjung itu arah yang diharapkan agar nanti keberartian saling "berbagi" dapat berbuah baik...
Your's
a_rauf
SKL PKN 08
15.03 |
posted by
abdulrauf
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 46
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PEMBELAJARAN 2007-2008
Provinsi : DKI Jakarta
Satuan Pendidikan : SMA
Program Studi : Bahasa/IPA/IPS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
1 Memahami hakekat
bangsa dan Negara
Kesatuan Republik
Indonesia
• Mendiskripsikan hakikat bangsa dan
unsure-unsur terbentuknya Negara
• Mendiskripsikan hakikat Negara dan
bentuk-bentuk kenegaraan
• Menjelaskan pengertian, fungsi dan
tujuan NKRI
• Menunjukan semangat kebangsaan,
nasdionalisme dan patriotisme
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
Tertulis
2 Menganalisa sikap positif
terhadap penegakan
hokum, peradilan nasional
dan tindakan anti korupsi
• Mendeskripsikan pengertian system
hokum dan peradilan nasional
• Menganalisis peranan lembagalembaga
peradilan
• Menunjukan sikap sesuai dengan
ketentuan hokum yang berlaku
• Menganalisis upaya pemberantasan
korupsi di Indonesia
Tertulis
3 Menganalisis pola-pola
dan partisipasi aktif dalam
pemajuan, penghormatan
serta penegakan HAM
baik di Indonesia maupun
di luar negari
• Menganalisis upaya pemajuan,
penghormatan dan penegakan HAM
• Menampilkan peran serta dalam
upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM di Indonesia
• Mendiskripsikan instrument hokum
dan peradilan internasional HAM
Tertulis
4
Menganalisis peran dan
hak warga Negara dan
system pemerintahan
NKRI
• Mendiskripsikan kedudukan warga
Negara dan pewarganegaraan di
Indonesia
• Menganalisis persamaan kedudukan
warga Negara dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Tertulis
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 47
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
• Menghargai persamaan kedudukan
warga Negara tanpa membedakan
ras, agama, gender, golongan,
budaya dan suku
• Mendiskripsikan supra struktur dan
infra struktur politik di Indonesia
• Menampilkan peran serta dalam
system politik di Indonesia
• Menguraikan system pemerintahan
yang digunakan oleh Negara
Indonesia menurut UUD 1945
• Membandingkan system
pemerintahan Indonesia berdasarkan
UUD 1945 sebelum dan sesudah
perubahan
• Menguraikan kelebihan dan
kekurangan pelaksanaan system
pemerintahan Indonesia
5 Menganalisis budaya
politik demokrasi,
konstitusi, kedaulatan
Negara, keterbukaan dan
keadilan di Indonesia
• Mendiskripsikan pengertian budaya
politik
• Menganalisis tipe-tipe budaya
politik yang berkembang dalam
masyarakat Indonesia
• Mendiskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya
politik
• Menampilkan peran serta budaya
politik partisipasi
• Mendiskripsikan pengertian dan
pentingnya keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
• Menganalisis dampak
penyelenggaraan pemerintahan yang
tidak transparan
• Menunjukan sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
• Menguraikan fungsi dan peranan
pers dalam masyarakat yang
demokratis
• Mendiskripsikan perkembangan pers
di Indonesia
• Menguraikan manfaat pers dalam
kehidupan masyarakat demokrasi di
Indonesia
Tertulis
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 48
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
6 Mengevaluasi hubungan
internasional dan system
hokum internasional
• Mendiskripsikan pengertian,
pentingnya dan saran-saran
hubungan internasional bagi suatu
bangsa
• Menjelaskan tahap-tahap perjanjian
internasional
• Menganalisis fungsi perwakilan
diplomatic
Tertulis
7 Mengevaluasi sikap
berpolitik dan
bermasyarakat madani
sesuai dengan Pancasila
dan Undang-Undang
Dasar 1945
• Mendiskripsikan pengertian dan
prinsip –prinsip budaya demokrasi
• Mengidentifikasikan cirri-ciri
masyarakat madani
• Menganalisis pelaksanaan
demokrasi di Indonesia sejak orde
baru, orde lama, dan reformasi
• Menampilkan perilaku budaya
demokrasi dalam kehidupan seharihari
• Mendiskripsikan Pancasila sebagai
ideologi terbuka
• Menganalisis Pancasila sebagai
sumber nilai dan paradigma
pembangunan
• Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
Tertulis
8 Menganalisis peran
Indonesia dalam politik
dan hubungan
internasional, regional dan
kerjasama global lainnya
• Mendiskripsikan pengertian,
pentingnya dan sarana-sarana
hubungan internasional bagi suatu
Negara
• Menjelaskan tahap-tahap perjanjian
internasional
• Menganalisis fungsi perwakilan
Diplomatik
• Mengkaji peran organisasi
internasional (ASEAN, AA, PBB)
dalam meningkatkan hubungan
internasional
• Menghargai kerja sama dan
perjanjian internasional yang
bermanfaat bagi Indonesia
• Mendiskripsikan dampak globalisasi
• Mendiskripsikan pengaruh
globalisasi terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara
• Menunjukan sikap selektif terhadap
pengaruh globalisasi
Tertulis
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 49
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
9 Menganalisis system
hukum internasional,
hukum internasional,
timbulnya konflik
internasional dan
mahkamah internasional
• Mendiskripsikan system hokum dan
peradilan internasional
• Menjelaskan penyebab timbulnya
sengketa internasional dan cara
penyelesaian oleh Mahkamah
Internasional
• Menghargai putusan Mahkamah
Internasional
Tertulis
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PEMBELAJARAN 2007-2008
Provinsi : DKI Jakarta
Satuan Pendidikan : SMA
Program Studi : Bahasa/IPA/IPS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
1 Memahami hakekat
bangsa dan Negara
Kesatuan Republik
Indonesia
• Mendiskripsikan hakikat bangsa dan
unsure-unsur terbentuknya Negara
• Mendiskripsikan hakikat Negara dan
bentuk-bentuk kenegaraan
• Menjelaskan pengertian, fungsi dan
tujuan NKRI
• Menunjukan semangat kebangsaan,
nasdionalisme dan patriotisme
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
Tertulis
2 Menganalisa sikap positif
terhadap penegakan
hokum, peradilan nasional
dan tindakan anti korupsi
• Mendeskripsikan pengertian system
hokum dan peradilan nasional
• Menganalisis peranan lembagalembaga
peradilan
• Menunjukan sikap sesuai dengan
ketentuan hokum yang berlaku
• Menganalisis upaya pemberantasan
korupsi di Indonesia
Tertulis
3 Menganalisis pola-pola
dan partisipasi aktif dalam
pemajuan, penghormatan
serta penegakan HAM
baik di Indonesia maupun
di luar negari
• Menganalisis upaya pemajuan,
penghormatan dan penegakan HAM
• Menampilkan peran serta dalam
upaya pemajuan, penghormatan, dan
penegakan HAM di Indonesia
• Mendiskripsikan instrument hokum
dan peradilan internasional HAM
Tertulis
4
Menganalisis peran dan
hak warga Negara dan
system pemerintahan
NKRI
• Mendiskripsikan kedudukan warga
Negara dan pewarganegaraan di
Indonesia
• Menganalisis persamaan kedudukan
warga Negara dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Tertulis
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 47
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
• Menghargai persamaan kedudukan
warga Negara tanpa membedakan
ras, agama, gender, golongan,
budaya dan suku
• Mendiskripsikan supra struktur dan
infra struktur politik di Indonesia
• Menampilkan peran serta dalam
system politik di Indonesia
• Menguraikan system pemerintahan
yang digunakan oleh Negara
Indonesia menurut UUD 1945
• Membandingkan system
pemerintahan Indonesia berdasarkan
UUD 1945 sebelum dan sesudah
perubahan
• Menguraikan kelebihan dan
kekurangan pelaksanaan system
pemerintahan Indonesia
5 Menganalisis budaya
politik demokrasi,
konstitusi, kedaulatan
Negara, keterbukaan dan
keadilan di Indonesia
• Mendiskripsikan pengertian budaya
politik
• Menganalisis tipe-tipe budaya
politik yang berkembang dalam
masyarakat Indonesia
• Mendiskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya
politik
• Menampilkan peran serta budaya
politik partisipasi
• Mendiskripsikan pengertian dan
pentingnya keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
• Menganalisis dampak
penyelenggaraan pemerintahan yang
tidak transparan
• Menunjukan sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
• Menguraikan fungsi dan peranan
pers dalam masyarakat yang
demokratis
• Mendiskripsikan perkembangan pers
di Indonesia
• Menguraikan manfaat pers dalam
kehidupan masyarakat demokrasi di
Indonesia
Tertulis
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 48
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
6 Mengevaluasi hubungan
internasional dan system
hokum internasional
• Mendiskripsikan pengertian,
pentingnya dan saran-saran
hubungan internasional bagi suatu
bangsa
• Menjelaskan tahap-tahap perjanjian
internasional
• Menganalisis fungsi perwakilan
diplomatic
Tertulis
7 Mengevaluasi sikap
berpolitik dan
bermasyarakat madani
sesuai dengan Pancasila
dan Undang-Undang
Dasar 1945
• Mendiskripsikan pengertian dan
prinsip –prinsip budaya demokrasi
• Mengidentifikasikan cirri-ciri
masyarakat madani
• Menganalisis pelaksanaan
demokrasi di Indonesia sejak orde
baru, orde lama, dan reformasi
• Menampilkan perilaku budaya
demokrasi dalam kehidupan seharihari
• Mendiskripsikan Pancasila sebagai
ideologi terbuka
• Menganalisis Pancasila sebagai
sumber nilai dan paradigma
pembangunan
• Menampilkan sikap positif terhadap
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
Tertulis
8 Menganalisis peran
Indonesia dalam politik
dan hubungan
internasional, regional dan
kerjasama global lainnya
• Mendiskripsikan pengertian,
pentingnya dan sarana-sarana
hubungan internasional bagi suatu
Negara
• Menjelaskan tahap-tahap perjanjian
internasional
• Menganalisis fungsi perwakilan
Diplomatik
• Mengkaji peran organisasi
internasional (ASEAN, AA, PBB)
dalam meningkatkan hubungan
internasional
• Menghargai kerja sama dan
perjanjian internasional yang
bermanfaat bagi Indonesia
• Mendiskripsikan dampak globalisasi
• Mendiskripsikan pengaruh
globalisasi terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara
• Menunjukan sikap selektif terhadap
pengaruh globalisasi
Tertulis
2008@Kurikulum dan Sistem Pengujian SMA Dikmenti DKI Jakarta 49
NO
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
URAIAN KOMPETENSI
BENTUK
TES
9 Menganalisis system
hukum internasional,
hukum internasional,
timbulnya konflik
internasional dan
mahkamah internasional
• Mendiskripsikan system hokum dan
peradilan internasional
• Menjelaskan penyebab timbulnya
sengketa internasional dan cara
penyelesaian oleh Mahkamah
Internasional
• Menghargai putusan Mahkamah
Internasional
Tertulis
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Asmaul Husna 99 Beautiful Names of Allah
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan tinggalkan komentar yang membangun tentang ulasan diatas guna perbaikan blog ini terima kasih :)